(0331) 322246 fe.umsjember@gmail.com

Upacara Pelepasan KKN UMS Jember 2018 yang dilaksanakan pada (24/3) di depan Kantor Akademik UMS Jember berjalan lancar dengan topik “Terapkan keilmuan sesuai dengan tema yang diminati”. Upacara ini dihadiri Drs. Bhayangkara WD. MM. Rektor Universita Moch. Sroedji Jember sekaligus memberi sambutan kepada 158 peserta KKN UMS Jember 2018 yang berasal dari enam fakultas yaitu Fakultas Ekonomi, Fakultas Pertanian, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Keguruan, Fakultas Teknik, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik.

KKN UMS Jember 2018 merupakan program intrakurikuler yang diwajibkan bagi mahasiswa sebagai bentuk kegiatan pendidikan dan pengajaran, penelitian, pengabdian masyarakat yang bertema: “Pemberdayaan masyarakat Kecamatan Panti berbasis potensi sumber daya masyarakat dan lingkungan”.

Dalam Sambutannya Ir. Bibit Lilik Lestari, M.Kes. Kepala LPPM UMS Jember menjelaskan dengan detail bahwa tujuan dilaksanakannya KKN UMS Jember 2018 yaitu membentuk kepribadian mahasiswa dengan wawasan berpikir yang holistik-transformatif, memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa tentang cara berpikir dan bekerja secara inter-disipliner, serta membina semangat pengabdian mahasiswa untuk terlibat secara aktif dalam beragam persoalan masyarakat dengan didasari oleh nilai-nilai luhur Pancasila.

Menurut Bibit nama akrap di kampus UMS Jember ini menjelaskan “LPPM selaku penyelenggara KKN UMS Jember 2018 sengaja memilih Kecamatan Panti untuk dijadikan obyek pemberdayaan masyarakat karena “Kecamatan Panti memiliki beberapa sekolah mulai dari tingkat SD sampai SLTA dan juga pondok pesantren, yang merupakan potensi SDM yang perlu mendapat perhatian dari berbagai pihak agar kelak menjadi penerus bangsa yang cerdas dan mampu bersaing dalam era globalisasi”, ungkapnya

KKN UMS Jember 2018 yang berlangsung pada 25 Maret – 2 Mei 2018 ini terbagi menjadi enam kelompok yg tersebar di Desa Suci, Desa Pakis, dan Desa Glagahwero. Setiap kelompok didampingi oleh satu Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Dari hasil kegiatan KKN ini mahasiswa diharapkan dapat memahami ragam dimensi kehidupan masyarakat yang mencakup masalah sosial, ekonomi, politik, budaya, pertanian, dan mampu merumuskannya dengan jelas. Selan itu, mahasiswa dapat memberi solusi atau jalan keluar dari masalah yang telah dirumuskan dengan pola pikir dan pola kerja yang bersifat terbuka, kritis, dan interdisipliner. “Semoga KKN UMS 2018 ini bisa mendatangkan banyak manfaat baik bagi peserta KKN maupun masyarakat” tutup Kepala LPPM di akhir pidatonya. (dmq)